Setiap apa yang terjadi mengandung hikmah bagi setiap orang yang mau melihatnya lebih bijak. Karena bersama kesedihan terdapat kebahagiaan.

Senin, 17 Desember 2012

Mensyukuri Masa Lalu


Bismillahirrohmaanirrohiim.
Manusia mempunyai 3 masa dalam hidupnya. Ada masa depan, masa kini, dan masa lalu. Setiap manusia mungkin memiliki masa lalu yang buruk dalam hidupnya dulu, namun bukan menjadi alasan untuk merendahkan dirinya karena masa lalunya, maka janganlah menilai seseorang karena masa lalunya. namun lihatlah apa yang dilakukannya kini untuk memperbaiki kehidupan selanjutnya, untuk masa depannya.

Bukan sesuatu hal yang buruk jika masa lalu kita tidak baik, dan juga bukan hal yang salah jika kita dulunya bukan orang yang baik, yang salah adalah jika sampai saat ini kita belum juga berubah menjad lebih baik dari masa lalu kita itu. Maka terimalah masa lalu itu dengan ikhlas.
Dan juga disyukuri apa yang telah terjadi. Bersyukurlah untuk masa lalu kita itu. Bukankah tanpa masa lalu tidak akan ada masa kini? Para sahabat Rasul sekalipun memiliki masa lalu yang buruk, namun mereka mau berubah dan bahkan menjadi lebih baik. Karena masa lalu bukan alasan untuk menghambat kita menjadi lebih baik.

 Maka mensyukuri masa lalu harus dilakukan, bagaimana caranya? Mensyukuri masa lalu adalah dengan “berdamai dengannya dan tidak malu untuk menceritakannya” (mengutip kata Teh Fufu), bukan dengan mencoba melupakan atau menghapusnya, karena dia akan tetap ada dalam hidup kita sekuat apapun kita ingin menghapusnya.

Mensyukuri masa lalu juga dengan mengambil hikmah dari apa yang terjadi dan digunakan sebagai pelajaran untuk di masa depan, bukan hanya untuk diri sendiri, namun juga untuk orang lain. Bukankah suatu kebaikan jika kita membantu orang lain terhindar dari suatu keburukan? Jadikan masa lalu kita untuk menolong orang lain. Syukuri masa lalu kita, jadikan dia sebagai motivasi dan juga renungan agar kita senantiasa menjadi manusia yang lebih baik lagi.

"Tidak ada orang baik yang tidak punya masa lalu dan tidak ada orang jahat yang tidak punya masa depan"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar