Setiap apa yang terjadi mengandung hikmah bagi setiap orang yang mau melihatnya lebih bijak. Karena bersama kesedihan terdapat kebahagiaan.

Minggu, 23 Desember 2012

Kal Ho Naho (Esok Mungkin Tak Ada)


Bismillahirrohmaanirrohiim.

Belajar bisa dari mana saja, bukan sekedar di sekolah maupun di kuliah. Bahkan dari film bollywood sekalipun kita bisa mendapat pelajaran. Salah satu film bollywood favorit saya berjudul “Kal Ho Naho” yang dibintangi oleh Shah Rukh Khan, Preitty Zinta, dll. Dan dalam artikel ini saya ingin berbagi inspirasi dari apa yang di dapat dari film yang inspiratif ini.


Film ini bercerita tentang Aman Mathur yang datang ke kota New York untuk menjalani pengobatan sakit jantungnya yang cukup parah. Di kota ini Aman bertemu dengan Naina, seorang gadis yang hidup bersama keluarganya yang kurang harmonis dengan banyak masalah yang berat. Namun kehadiran Aman di tengah keluarga itu membawa seberkas kebahagiaan yang pada akhirnya membuat keluarga itu kembali harmonis. Tidak hanya di keluarga Naina, namun kebaikan Aman menyebar ke sekitarnya, dia membuat semua orang nyaman dan merasa bahagia dengan tingkahnya. Naina pun jatuh cinta padanya karena Aman bisa membuatnya kembali tersenyum dalam hidupnya, dan sebetulnya Aman juga mencintainya. Tetapi karena waktu hidup dirinya sudah tak lama lagi, maka Aman mengalihkan cinta Naina pada Rohit, teman kuliah Naina yang juga memiliki perasaan pada Naina. Hingga akhir cerita, Naina dan Rohit menikah, dan Aman pun pergi dengan damai. Semua orang menangis pada detik-detik akhir hidup Aman.

Selalu saya terharu dan menitikkan air mata di akhir cerita meski sering menontonnya. Bukan hanya karena ceritanya yang menyentuh, namun juga saya merenung,
“apakah akhir hidup saya nanti seperti Aman?”
“Apakah saya sudah banyak memberikan manfaat dan kebahagiaan dalam hidup saya untuk sekitar saya?”
“Akankah semua orang menangis ketika saya pergi? Atau justru sebaliknya, semua orang senang saya pergi?”
“Apakah saya pun akan dikenang dengan baik, dikenang dengan keburukan, atau bahkan dilupakan?
Jika teman-teman juga bepikir hal yang sama, yuk segera kita perbaiki diri kita dan mulai menebar kebaikan juga kebahagiaan kita untuk orang-orang sekitar. Agar kita bisa menjadi orang yang disenangi kehadirannya, dan kehilangannya pun menjadi kenangan tak terlupakan.

“Hidup, senang, bahagia dan tersenyumlah hari ini, karena esok mungkin tidak ada.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar