Setiap apa yang terjadi mengandung hikmah bagi setiap orang yang mau melihatnya lebih bijak. Karena bersama kesedihan terdapat kebahagiaan.

Kamis, 20 Desember 2012

Kapasitas Diri


Bismillahirrohmaanirrohiim.
Apa kabar teman-teman pembaca? Semoga apa yang ditulis selalu bisa memberikan manfaat pada kita semua, aamiin.
Ada satu hal menarik yang ingin saya bahas dalam tulisan ini. Hal yang sering dan bahkan banyak orang sering ucapkan dari lisannya. Pernahkan teman-teman mendengar atau bahkan mengucapkan perkataan atau bahkan cenderung keluhan seperti ini? “Rasanya ingin kembali ke masa kecil. Saat dimana hidup hanya senang dan simple.” Pernah?
Saya rasa setiap orang pernah mengatakannya bahkan saya sendiri pun juga pernah mengatakannya. Lalu apa yang salah dari ucapan ini? Kalau hanya sekedar ingin mengenang rasa bahagia masa kecil memang tidak salah, bahkan saya juga terkadang mengenang masa kecil ketika bermain sepeda, bermain layangan di daerah pekuburan malah (dulu daerah rumah di dalam komplek, banyak kabel listrik. Jadi saya dan teman-teman jika bermain layangan harus ke daerah yang tidak ada kabel listrik, dan yang terdekat adalah pekuburan), pergi mengaji, nonton film, sekolah, dll. Kenangan yang begitu indah. Namun hal itu menjadi salah ketika diucapkan sebagai keluhan karena kehidupan kita yang sudah beranjak dewasa.

Hidup di masa kecil dan di masa kini saat sudah dewasa sebetulnya sama saja. Apa yang menjadi memberatkan kita menjalani kehidupan di usia dewasa adalah kapasitas diri kita yang mungkin sedikit tumbuh atau bahkan tidak tumbuh sama sekali. Sementara masalah dan tantangan hidup terus bertambah, wajar saja bila demikian kita merasa kehidupan di usia dewasa ini sulit dan tidak semudah di masa kecil dulu. Masalah hidup terus meningkat maka untuk membuatnya mudah adalah dengan meningkatkan pula kapasitas hidup kita, karena berbeda tantangannya ketika kecil dan dewasa.

Entah kita semua masih ingat atau tidak, apa yang sering kita ucapkan di masa kecil? Ya, justru dulu kita ingin segera tumbuh dewasa dengan beragam alasan. Ada yang ingin menjadi dokter, ada yang ingin menjadi tentara, polisi, dan banyak lagi. Sekarang di saat apa yang kita inginkan saat kecil sudah tercapai, kenapa malah ingin kembali ke masa kecil?

Sekali-kali waktu tidak akan pernah bisa berputar kembali meski hanya satu detik, terus berguli. Masalah hiduppun akan kian sulit, maka agar terasa mudah dan indah, tingkatkan kapasitas diri kita. Jika kita merasa sulit saat dewasa, boleh jadi usia kita terus bertambah dan kini sudah tua, namun kapasitas diri kita sejatinya tidak pernah meningkat dan masih kanak-kanak.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar