Setiap apa yang terjadi mengandung hikmah bagi setiap orang yang mau melihatnya lebih bijak. Karena bersama kesedihan terdapat kebahagiaan.

Selasa, 29 November 2011

Surat Hikmah Pelangi

Pelangi, sebuah fenomena alam yang sering terjadi setelah hujan, fenomena alam yang indah karna terdiri dari berbagai warna yang berbeda (merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu). pelangi tampak ketika hujan telah reda, penuh dengan keindahan. pernahkah terpikir oleh kita saat melihat pelangi, bahwa dia membawa pesan dari sang Pencipta untuk manusia di dunia? atau hanya diam saat melihatnya?

Pelangi muncul setelah hujan reda, membawa pesan bahwa untuk mendapat suatu hal yang indah (kesuksesan), kita harus basah atau melewati rintangan terlebih dahulu. tidak ada kesuksesan yang dengan mudah digapai tanpa ada ikhtiar, tidak ada yang "instant" untuk meraih sesuatu. banyak orang zaman sekarang ingin meraih kesuksesan namun tidak mau bersusah-payah, ingin semua tersedia begitu saja dalam sekejap mata, padahal semua itu perlu proses dalam menggapainya, seperti pelangi yang muncul setelah hujan. Pelangi juga menerangkan arti surat Al-insyirah (fa inna ma'a al-'usri yusran,inna ma'a al-'usri yusran), yang bisa kita artikan bahwa setelah kesulitan itu ada kemudahan, setelah kesukaran akan ada kemudahan, setelah saat murung akan ada saat bahagia.
lalu warna-warna pelangi, melambangkan perbedaan dalam keharmonisan, merah dengan biru, kuning dengan ungu, bukankah itu perbedaan yang jelas? namun tetap indah bukan? ini mengajarkan kita bahwa semua makhluk itu berbeda, namun bila kita menyadari dan menerima perbedaan itu semua akan indah dan teratur, layaknya sang pelangi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar