Setiap apa yang terjadi mengandung hikmah bagi setiap orang yang mau melihatnya lebih bijak. Karena bersama kesedihan terdapat kebahagiaan.

Selasa, 29 November 2011

MAu hidup berkah? Dan rezeki bertambah? MAri bersyukur!


Kata "syukur" adalah kata yang berasal dari bahasa Arab.  Kata ini  dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai:





(1) Rasa terima kasih kepada Allah





(2) Untunglah  (menyatakan lega, senang, dan sebagainya).





Jadi, syukur nikmat adalah sikap atau tindakan berterima kasih kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan oleh-Nya dalam hidup manusia. Adapun lawan dari sikap syukur nikmat adalah kufur nikmat.

Allah SWT memberi perintah kepada manusia untuk bersyukur yang disebutkan dalam firman-Nya,





“Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah dari rezeki yang baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika kamu hanya menyembah kepada-Nya.” (Q.S Al-Baqarah :172)







 Sikap syukur selain media untuk dzikir kepada Allah, sikap syukur juga akan menambah nikmat-Nya seperti yang dijelaskan dalam firman Allah SWT,







“….Sesungguhnya jika kamu bersyukur niscaya Aku akan menambah nikmat kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari nikmat-Ku, maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (Q.S Ibrahim : 7)







Allah telah berjanji di dalam firman-Nya bila manusia itu mensyukuri nikmat-Nya maka nikmat untuknya akan ditambah, namun mayoritas manusia tidak memahami hal itu.







“Sesungguhnya manusia itu sangat ingkar dan tidak berterima kasih (bersyukur) kepada Rabb-Nya.” (Q.S Al-‘Aadiyat : 6)







Begitulah Allah menyinggung manusia untuk senantiasa bersyukur kepada-Nya karna memang telah banyak nikmat yang telah diberikan oleh-Nya, mulai dari nikmat bernapas, nikmat sehat, dan yang paling berharga nikmat iman dan islam, dll.







“Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?” (Q.S Ar-Rahman :13)







A.    Manfaat Syukur Nikmat



Seperti yang telah dijelaskan pada bab di atas, bahwa dengan bersyukur atas nikmat Allah, manusia akan mendapatkan banyak manfaat, seperti berikut :



1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.



2. Menjauhkan dari sikap kufur nikmat.



3. Melapangkan rezeki.



4. Menjauhkan sikap su’udzon billah (berburuk sangka kepada Allah) dan membiasakan husnudzon billah (berbaik sangka kepada Allah).



5. Memperoleh hikmah dalam setiap kejadian, baik nikmat maupun musibah, dan hidup terasa bahagia.



Dan masih banyak lagi manfaat yang akan didapat oleh manusia yang senantiasa bersyukur atas nikmat Allah SWT dari pada manusia yang kufur nikmat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar