Setiap apa yang terjadi mengandung hikmah bagi setiap orang yang mau melihatnya lebih bijak. Karena bersama kesedihan terdapat kebahagiaan.

Senin, 10 Juni 2013

Kisah Burung Elang

Bismillahirrohmaanirrohiim.
Siapa yang tidak tahu dengan burung elang? Predator angkasa raya yang dikenal dengan kekuatan paruh dan cakarnya. Juga dikenal dengan kemampuan melihat objek yang berada jauh dari posisinya berada. Oleh sebab itu pula burung penguasa langit ini sering dijadikan simbolisasi akan kekuatan dan ketegasan


Selain karakteristiknya yang mendukung sebagai pemangsa, burung elang juga memiliki tingkat usia yang lebih panjan diantara burung lainnya. Usia rata-rata seekor elang bisa mencapai sekitar 70 tahun. Uniknya, untuk mencapai usia yang cukup panjang itu seekor elang harus melewati satu fase perubahan hidupnya yang cukup berat di usia 40 tahun. Saat itu elang dewasa harus memilih sebuah pilihan, BERUBAH atau MATI.

Fase perubahan ini terjadi dalam waktu yang cukup lama, kurang lebih selama 150 hari. Ketika memilih untuk berubah demi kelangsungan hidupnya, elang akan terbang ke puncak gunung yang tinggi. Di sana dia akan mematuk-matukkan paruh lamanya yang sudah terlalu keras dan panjang sampai menyentuh dadanya itu agar patah dan nantinya akan tumbuh kembali paruh yang baru. Setelah tumbuh paruh yang baru, elang memotong kuku-kuku kakinya yang sudah kaku dan bengkok. Hal itu bisa menyebabkan dia kesulitan untuk mencengkeram mangsanya. Fase ini pun juga cukup lama dan bisa menyakitkan bagi elang. Setelah kuku-kukunya yang baru sudah tumbuh, elang mencabuti bulu-bulu sayapnya yang sudah terlalu panjang dan tebal di usianya kini. Kondisi itu membuat elang kesulitan untuk terbang. Padahal seekor elang juga dikenal dengan kecepatannya ketika dia menukik menangkap mangsanya.

Akhirnya, setelah 150 proses perubahan hidupnya hadir kembali elang yang baru dengan kondisi tubuhnya yang prima, selain itu seekor elang ini bisa melanjutkan hidupnya sampai usia 30 tahun lagi. Tidak jauh berbeda dengan kehidupan manusia. Ada saatnya seseorang harus memilih apakah dia mau berubah atau tetap saja seperti dirinya yang sudah “tua” yang sudah kurang bermanfaat lagi. Jika dia mau menjadi semakin bermanfaat dan bisa meraih banyak kesuksesan, maka pilihan yang harus diambil adalah BERUBAH.
Mungkin teman-teman semua tahu film masa kecil dahulu Kamen Rider/Ksatria Baja Hitam yang menjadi tokoh utamanya bernama Kotaro Minami. Salah satu ucapannya yang terkenal adalah “Jika aku TIDAK BERUBAH maka aku akan KALAH.” Ya, karena perubahan bisa membawa kemenangan bagi yang memilihnya. Siapkah untuk mengubah diri menjadi lebih baik.

Salam Inspirasi!

Sila follow @panjisyamsi dan @RumahInspirasi_ untuk berbagi inspirasi 

3 komentar:

  1. Assalamualaikum wr wb.

    Baru tau kalo elang harus berubah kalo mau berumur panjang.

    Untuk berubah lebih baik maka kita harus membuang dulu segala keburukan.

    http://eanreana.mywapblog.com/perubahan-2.xhtml

    BalasHapus
  2. Sang predator Angkasa yang sangat luar biasa ,,semoga menjadi inspirasi yang baik ,,,

    BalasHapus