Setiap apa yang terjadi mengandung hikmah bagi setiap orang yang mau melihatnya lebih bijak. Karena bersama kesedihan terdapat kebahagiaan.

Kamis, 01 Desember 2011

Tidak Yang Percuma! Sampah pun Berharga!


Banyak dari kita terkadang berpikir bahwa Tuhan (Allah) menciptakan sesuatu yang kita rasa hanya membawa ketidaknyamanan dan lagi kita berpikir bahwa apa yang Tuhan (Allah) ciptakan itu menjadi sia-sia jika hanya membuat kita terusik atau kesal, benar kan begitu kawan? Banyak hal yang membuat kita terganggu, kita ambil beberapa contohnya, nyamuk, sampah, penyakit, bahkan juga kotoran manusia maupun binatang. Ya, beberapa dari kita bahkan berpikir kita diciptakan di dunia ini juga sia-sia, hidup kita tidak ada gunanya, benar kah pernyataan itu? Sebelum menjawab benar atau tidak, ayo kita sama-sama menelusuri jauh tentang hal-hal di atas, benarkah tidak berguna?
nyamuk, serangga penghisap darah
Nyamuk, serangga kecil yang selalu mengganggu kita setiap malam, suara desingan sayapnya yang mengusik ketenangan dan yang paling menganggu adalah gigitan dari serangga ini, tapi apa benar nyamuk itu tidak berarti atau sia-sia Tuhan (Allah) ciptakan? Pernah saya membaca salah seorang teman saya di salah satu jejaring sosial, dia menulis, “poor God, He creates a useless creature, mosquitoes” tapi dalam hati saya membantah statement yang dia buat. Mari kita pikirkan, nyamuk memang ada dan kerap kali mengganggu istirahat malam kita, oleh karna nyamuk ini lah maka manusia membuat obat pengusir nyamuk, entah itu yang bakar atau yang semprot, sehinggga didirikan banyak pabrik untuk memproduksi obat pengusir nyamuk tadi. Dan jika kita telusuri lagi, pabrik-pabrik itu menampung tenaga kerja yang banyak, banyak kepala keluarga yang menafkahi keluarganya dari pekerjaannya di pabrik itu, jadi bagi para pekerja itu nyamuk adalah sumber nafkah mereka, jika Allah melenyapkan nyamuk dari dunia ini, bayangkan berapa banyak pengangguran akan terjadi! berapa banyak yang kehilangan sumber nafkah mereka! Dan bayangkan berapa banyak keluarga yang akan menderita! Jadi, masihkan kita berpikir bahwa nyamuk itu tiada gunanya?
“Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan segala apa yang ada di antara keduanya dengan main-main.” (Q.S Al-Anbiya’:16)
Mengais tumpukan sampah, mencari rezeki
            Masih belum cukup dengan menelusuri manfaat dari nyamuk? Baik, mari kita pahami lagi. Sampah, benda-benda yang sudah tidak berguna, kotor, dan bahkan beraroma busuk, sangat mengganggu ketika kita melewati tumpukan sampah, benar kan? Saya yakin beberapa bahkan hampir seluruh dari kita akan menjawab iya, tapi apa sampah itu tidak berguna? Ayo kita telusuri lagi. Sampah bagi sebagian orang justru menjadi sumber nafkah (lagi-lagi sumber nafkah yang berarti nikmat Allah) bukankah pekerja kebersihan, pemulung memperoleh rezeki mereka dari sampah itu? Bukankah para pekerja kebersihan digaji untuk bekerja membersihkan sampah-sampah yang berserakan? Ya itulah pekerjaan mereka, dari sampah lah mereka mendapat uang, jadi bagi mereka sampah adalah sumber rezeki, begitupula dengan pemulung. Hey hey jangan berpikit sampah hanya untuk pekerjaan yang rendah dan tidak eksklusif! Tau yang namanya daur ulang kan? Gerakan ini juga sedang dijalankan besar-besaran karna betapa bergunanya gerakan ini untuk mengurangi pencemaran, dan banyak juga bsinis yang berjalan dari gerakan daur ulang, masih berpikir bahwa sampah itu tidak berguna atau sia-sia?
“Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan segala apa yang ada di antara keduanya dengan main-main.” (Q.S Al-Anbiya’:16)
Masih berpikir ada yang tidak berguna di dunia ini? Sebaiknya ubah pikiran seperti itu karna sesungguhnya tidak ada yang sia-sia di dunia ini.
            Hitam tercipta agar putih menjadi berharga
            Gelap pun ada agar cahaya lebih benderang
            Kesedihan terasa agar bahagia lebih bermakna
            Kematian datang agar hidup lebih berguna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar